Doa Nabi Muhammad dan Hamba Shalihin dalam Al-Qur'an

Allah, dengan sifat Rahman dan Rahim-Nya telah mangabadikan segenap doa-doa yang pernah diucapkan oleh para Nabi-Nya dan para hamba-Nya yang shaleh. Doa-doa tersebut termaktub didalam Al-Qur'an agar manusia mengikuti bacaan doa-doa yang susunan kata-katanya begitu indah dan tak akan ada yang dapat menandingi keindahannya.

Allah, dengan sifta-Nya yang 'Alim sangat mengetahui bahwa manusia adalah makhluk yang penuh dengan segala kelamahan. Allah sangat menyukai jika kesadaran manusia akan kelemahannya tersebut menjadikannya selalu meminta, memohon dan bersandar kepada kebesaran-Nya. Dan dalam hal berdoa telah Allah sebutkan dengan bahasa yang indah.
Dan Tuhanmu berfirman: "Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu."
QS. Ghafir/Al-Mu'min (40;60)

Adapun manusia harus mempunyai adab ketika berdoa kepada Allah. sebagaimana manusia melakukan adab kepada sesamanya ketika sedang meminta bantuan. Dengan sangat santun Allah menyebutkan adab tersebut agar manusia menta'atinya,
Berdo'alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
QS. Al-A'raaf (7:55)

Kemudian jika manusia masih dalam keraguan ketika ia sedang meminta dan memohon, maka di ayat yang lain Allah menegaskan,
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.
QS. Al-Baqarah (2:186)

Dengan tuntunan ayat-ayat diatas, hendaknya kita sebagai manusia membiasakan diri memohon dengan doa-doa yang santun dan diajarkan langsung oleh Allah agar segala pengharapan kita akan dikabulakn oleh-Nya, Amin...

Doa Nabi Muhammad dan Hamba Shalihin

Doa Mohon Petunjuk
Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan ni'mat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai (orang-orang yang mengetahui kebenaran dan meninggalkannya), dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (orang-orang yang meninggalkan kebenaran karena ketidaktahuan dan kejahilan).
QS. Al-Fatihah (1:6-7)

Doa Kebaikan Dunia dab Akhirat
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka"
QS. Al-Baqarah (2:201)

Doa Kesabaran dan Keteguhan
"Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir"
QS. Al-Baqarah (2:250)

Doa Terhindar dari Segala Cobaan yang Berat
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir"
QS. Al-Baqarah (2:286)

Doa Dipalingkan dari Kesesatan
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)"
"Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya"

QS. Ali-'Imran (3:8-9)

Doa Ampunan
"Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka"
QS. Ali-'Imran (3:16)

Doa Kekuasaan dan Kemuliaan
"Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.
QS. Ali-'Imran (3:26)

Doa Dimasukkan dalam Hamba yang Baik
Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)"
QS. Ali-'Imran (3:53)

Doa Ampunan dan Pertolongan
"Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir"
QS. Ali 'Imran (3:147)

Doa Ketundukan Diri dan Ampunan di Akhirat
"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.
Ya Tuhan kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.
Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji."

QS. Ali 'Imran (3:191-194)

Doa Dikeluarkan dari Negeri yang Zalim
"Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!"
QS. An-Nisaa (4:75)

Doa Kesaksian Iman kepada Kenabian Muhammad dan Al-Qur'an
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu"
QS. Al-A'raaf (7:47)

Doa Tawakal kepada Allah
"Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung"
QS. At-Taubah (9:129)

Doa Dihindarkan dari Fitnah
"Kepada Allah-lah kami bertawakkal! Ya Tuhan kami; janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim,
dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir."

QS. Yunus (10:85)

Next : Doa Nabi Muhammad dan Hamba Shalihin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Nabi Muhammad dan Hamba Shalihin dalam Al-Qur'an"

Post a Comment